Pusat Ilmu Secara Detil

Tutorial PHP Mengenai Perulangan Do While

Tutorial PHP Mengenai Perulangan Do While


Tutorial Pemrograman PHP kali ini, masih membahas tentang perulangan. Perulangan yang akan kita bahas dalam kesempatan ini tentang looping do while. Perulangan Do – While dikatakan perulangan yang merupakan kebalikan dari struktur perulangan While. Jika pada struktur While, pendeteksian ekspresi dilakukan pada awal perulangan, Pada struktur Do – While ini pendeteksian ekspresi dilakukan setelah proses satu loop dilakukan.


Pendahuluan

Fungsi do while ini seperti yang telah dijelaskan diatas, sama-sama digunakan untuk perulangan yang belum diketahui jumlah loopingnya, namun untuk pertama kali proses deteksi nilai condition bernilai benar atau salah akan diabaikan, baru untuk loop berikutnya akan diperiksa nilai dari conditionnya.
Syntax dari penulisan perulangan while:
do
{
    Blok statement
}
while(condition)
Keterangan :

  • do mengacu kepada bahwa langsung dilakukan proses untuk memasuki bagian blok statement  atau mengeksekusi wilayah dalam kurung kurawal { dan }.
  • while (condition), merupakan bagian yang menyatakan perintah perulangan apabila nilai dari condition bernilai benar. Apabila nilainya Salah (False), maka loopingnya selesi atau keluar.

Contoh.1

<?php
$x=1;
do
{
    echo "The number is " . $x . "<br />";
    $x++;
}
while ($x<=5);
?>
Output :
The number is 1
The number is 2
The number is 3
The number is 4
The number is 5
Programa akan langsung masuk ke wilayah blok statement, tanpa dilakukan proses pengecekan kondisinya. Sehingga dicetak nilai x=1, kemudian nilai x terakhir dilakukan increment 1 (x ditambah 1), sehingga x telah menjadi 2.

Kemudian disaat akan dilakukan perulangan, diperiksa apakah x sekarang lebih kecil sama dengan 5 ($x<=5). Karena kondisinya bernilai benar, maka masuk lagi ke blok statement, dimana x yang dicetak adalah 2, setelah itu nilai x dilakukan increment, sehingga x telah menjadi 3. Begitu seterusnya sampai nilai kondisi telah menjadi FALSE, artinya perulangan selesai.


Contoh.2

<?php
$x=1;
do
{
    $x++;
    echo "The number is " . $x . "<br />";
}
while ($x<=5);
?>
Output :
The number is 2
The number is 3
The number is 4
The number is 5
The number is 6
Jika kita perhatikan Contoh.1 dan Contoh.2 hampir serupa. Namun pada Contoh.2, ketika memasuki blok statement, terdapat pernyataan $x++ yang artinya x=x+1, sehingga begitu dicetak adalah x terakhir yang telah ditambah dengan 1. Jadi pertama kali dicetak adalah 2.

Kemudian dilakukan pemeriksaan apakah x terakhir lebih kecil sama dengan 5 ($x<=5), karena x terakhir adalah 2, maka kondisi $x<=5 bernilai Benar (TRUE), sehingga proses perulangan dapat dilanjutkan dan masuk ke blok statement. Pada blok statement, dilakukan terlebih dahulu increment nilai variabel x, sehingga x menjadi 3. Begitu seterusnya sampai nilai pengecekan kondisi bernilai False, yang artinya perulangan tidak dapat dilanjutkkan.

Tutorial PHP Tentang Looping Lainnya :

Share this:

You Might Also Like:

Disqus Comments