Pusat Ilmu Secara Detil

Tutorial PHP Mengenai Looping While

Tutorial PHP Mengenai Looping While


Dalam dasar-dasar pemrgoraman php kali ini, kita akan membahas tentang salah satu looping atau perulangan while. Ada kadangkala kita melakukan proses perulangan  yang belum diketahui jumlahnya.Untuk kasus ini lebih tepat digunakan perulangan jenis while. Pada while, pengecekan kondisi akan dilakukan terlebih dahulu. Jika kondisi masih bernilai true, maka looping akan terus berlanjut. Jenis perulangan while disebut juga : Pre Tested Loop

Contoh penerapan dari kasus looping while lebih sering kita jumpai pada saat ingin mencetak data yang terdapat dalam sebuah database. Dimana dalam kasus ini, kita tidak tahu berapa kali proses perulangan akan terjadi. Hal ini berbeda dengan perulangan for, dimana kita sudah mengetahui jumlah pasti perulangannya.


Pendahuluan

Fungsi dari perulangan while adalah untuk melakukan tugas berulang selama pernyataan kondisional yang ditetapkan benar.

Syntax dari penulisan perulangan while:
while(condition)
{
    Blok statement
}
Keterangan :
  • condition mengacu kepada suatu kondisi syarat, apakah hasil pengecekannya bernilai benar atau salah. Jika kondisi bernilai benar, maka akan masuk ke dalam blok statement. Jika salah maka akan keluar dari perulangan.
  • Blok statement menyatakan kumpulan program yang akan dijalankan atau diekseskusi. Dalam blok statement ini kita dapat menulis kode program untuk mencetak sebuah kalimata atau angka ataupun yang kita kehendaki, seperti menggunakan sintaks echo, print_r dsb.
  • Tanda kurung kurawal { dan } menyatakan area yang dapat diekseksui untuk sebuah kondisi yang bernilai benar. Jika tidak dibubuhkan kurung kurawal { dan }, maka satu baris saja (tepat dibawah baris untuk kondisi) yang menjadi wilayah eksekusinya jika bernilai benar untuk kondisinya.

Contoh.1  

Perhatikan contoh dibawah ini yang akan mencetak suatu nilai dimulai dari angka 1 sampai dengan 10. Begitu kondisinya sudah tidak bernilai benar lagi, maka akan dicetak : "Perulangan Selesai".
<?php
$i = 1;
while($i <= 10){
    echo "angka " . $i . "<br>";
    $i++;
}
echo "Perulangan Selesai";
?>


Output:
angka 1
angka 2
angka 3
angka 4
angka 5
angka 6
angka 7
angka 8
angka 9
angka 10
Perulangan Selesai


Contoh.2 


Dalam contoh 2 ini kita akan mencetak bilangan genap antara 1 sampai denga 10. Untuk menandakan bahwa bilangan tersebut dikategorikan bilangan genap, maka kita dapat menggunakan modulus (%). Modulus merupakan nilai sisa dari pembagian. 
<?php
$i = 1;
while($i <= 10)
{
    if($i%2==0)
    {
         echo "angka " . $i . "<br>";
    }
    $i++;
}
echo "Perulangan Selesai";
?>


Output:
angka 2
angka 4
angka 6
angka 8
angka 10
Perulangan Selesai


Tutorial Looping PHP Lainnya :

Share this:

You Might Also Like:

Disqus Comments