Pusat Ilmu Secara Detil

Memahami Jenis-jenis Looping pada PHP

Memahami Jenis-jenis Looping pada PHP


Istilah looping memiliki makna perulangan yang dapat mempermudah kita dalam merancang sebuah program yang memerlukan proses iterasi yang berulang-ulang.

Bayangnkan jika kita ingin mencetak angka 1 sampai dengan 6.Tentunya dengan menggunakan looping akan memudahkan kita dibandingkan kita tidak menerapkan proses looping. Berikut ini perbandingannya :

Cara. Pertama :Script PHP mencetak bilangan 1 s.d 6 tanpa proses perulangan :
<?php
echo "angka 1"."<br />";
echo "angka 2"."<br />";
echo "angka 3"."<br />";
echo "angka 4"."<br />";
echo "angka 5"."<br />";
echo "angka 6"."<br />";

?>

Cara Kedua : Script PHP mencetak bilangan 1 s.d 6 dengan menggunakan proses perulangan.
<?php
for ($i=1; $i<=6; $i=$i+1)
{
  echo "angka $i<br />";
}
?>

Cara Pertama mencetak bilangan secara manual, kalo seandainya bilangannya sampai dengan 1000, tentunya sedikit merepotkan kita untuk menuliskan scriptnya, walaupun kita bisa copy-paste dan ganti angkanya. Namun akan lebih efektif jika kita menggunakan perulangan, tinggal merubah nilai variabel i-nya.

Jadi disini terlihat jelas kegunaan dari fungsi looping. Looping atau perulangan, dikenal dalam semua jenis bahasa pemrograman, tak terkecuali dalam bahasa pemrograman PHP.

Umumnya proses perulangan yang kita kenal ada tiga bentuk: model for, model while dan model do-while. Namun dalam bahasa pemrograman PHP terdapat satu tambahan lagi, yaitu model foreach dimana dikhususkan untuk perulangan nilai array. Sehingga dengan menggunakan model foreach ini kita tidak perlu mengetahui panjang arraynya lagi dalam mencetak isi dari sebuah array.


Setiap model perulangan tersebut memiliki aturan sendiri dalam penggunaannya dan agar dapat memberikan pemahaman yang lebih mendalam bagi kita kapan kita menggunakannya, maka silahkan baca tutorial lengkap tentang masing-masing perulangan tersebut :

Share this:

You Might Also Like:

Disqus Comments