Pusat Ilmu Secara Detil

Fungsi PHP dengan menggunakan parameter dan tanpa parameter

Fungsi PHP dengan menggunakan parameter dan tanpa parameter

Dalam tutorial dasar-dasar pemrograman php kali ini, kita akan mengdiskusikan tentang pembuatan sebuah fungsi. Seperti yang kita utarakan pada tutorial sebelumnya, adakalanya kita memerlukan pembuatan fungsi sendiri untuk menangani tugas-tugas spesifiki yang kita definisikan dengan catatan apabila dari librari bawaan pemrograman itu sendiri tidak menyediakan fungsi yang kita kehendaki.

Disini kita akan mengdiskusikan tentang pembuatan fungsi dengan parameter dan fungsi tanpa menggunakan parameter.

Fungsi dengan menggunakan parameter

Penggunaan istilah parameter kadang juga disebut argumen. Sebenarnya argumen lebih tepat digunakan pada saat pendefinisian fungsi, sedangkan parameter pada saat kita memanggil fungsi.
<?php
 function jumlah($num1, $num2) {
 $sum = $num1 + $num2;
 echo "Penjumlahan kedua bilangan : $sum";
 }
 
 jumlah(10, 20);
?>
Variabel $num1, $num2 dalam function jumlah merupakan argumen. Sedangkan nilai 10 dan 20 merupakan parameter. Namun istilah ini sering dipertukarkan bahkan sering disamakan maksudnya. 

Pada saat fungsi jumlah dipanggil, dikirimkan nilai 10 dan 20. Nilai tersebut kemudian ditampung oleh masing-masing variabel : $num1 dan $num2. Kemudian dalam fungsi jumlah, dilakukan penambahan isi dari variabel $num1(10) dan isi dari variabel $num2(20) sehingga hasil penjumlahannya adalah 30 disimpan dalam variabel $sum. Dan kemudian dicetak penjumlahan kedua bilangan tersebut.

Pembuatan fungsi tidak dibatasi berapa buah parameter yang digunakan, tentunya minimal satu buah apabila ingin membuat fungsi dengan menggunakan parameter.

Pada contoh diatas kita menggunakan dua buah parameter, pada contoh dibawah ini kita akan menggunakan tiga parameter. 

Dalam contoh pembuatan fungsi dengan tiga parameter, kita akan menyajikan program yang mencari nilai maximum dari tiga buah bilangan :
<?php
function maximum($x, $y, $z)
{
 $max = $x; 

 if ($y> $max) { 
  $max = $y;
 } 

 if ($z > $max) { 
  $max = $z;
 } 

 //return $max; 
 echo "Nilai terbesar adalah ".$max;
}
maximum(18,10,7);
?>
Output diatas akan menghasilkan bilangan 18. Ketika kita membuat sebuah fungsi dengan tiga argumen / parameter, maka proses pemanggilannya juga harus menyertakan tiga parameter /argumen juga.

Fungsi dengan tanpa menggunakan parameter

Pembuatan fungsi tanpa menggunakan parameter hanya memanggil fungsi tersebut tanpa mengirimkan sebuah atau beberapa nilai.
<?php    
function pesan() {    
 echo "Selamat Belajar di Pusat Ilmu!";    
}    
pesan();
?>  
Seperti yang terlihat pada script diatas, kita membuat fungsi pesan() yang tidak memiliki nilai argumen, sehingga pada saat memangil fungsi tersebut kitapun tidak mengirimkan nilai / parameter apapun. Jika ada nilai yang kita kirim, maka akan dianggap error karena pada proses pendefinisian fungsi kita tidak mempersiapkan argumen berupa variabel yang menampung nilai yang dikirimkan oleh pemanggilan fungsi.

Tutorial PHP lainnya yang berhubungan dengan fungsi :

Share this:

You Might Also Like:

Disqus Comments