Pusat Ilmu Secara Detil

Cara Update Android Studio ke Versi Terbaru

Cara Update Android Studio ke Versi Terbaru

Pada bulan Desember 2015, Android Studio sebagai IDE resmi untuk pengembangan aplikasi Android telah merilis versi Android Studio v1.5.1. Satu bulan sebelumnya yaitu pada bulan November 2015 telah dirilis Android Studio v1.5.0. Tentunya rilis versi terbaru untuk memperbaiki beberapa bug pada versi sebelumnya.
Karena versi terbaru selalu menawarkan perbaikan bug serta penambahan fitur, kita terkadang ingin mencoba menginstall dengan update terbaru tersebut.

Bagi developer android yang sudah terlanjut menginstall  Android studio versi sebelumnya, tidak perlu menguninstall dan kemudian menginstall dengan versi terbaru. Kita cukup melakukan pengupdate-an yang terdapat pada menu IDE Android Studio.

Untuk melakukan proses update, cukup klik pada Help>>pilih Check for Updates sehingga akan muncul Window seperti Gambar.1 dibawah ini :
Gambar.1

Pada Gambar.1 terlihat bahwa saat ini terdapat versi Android Studio v1.15.1 , jika ingin mengupdate tinggal mengklik tombol Update and Restart. Sehingga proses download akan difetch ke repository Android Studio terbaru dan pastikan koneksi internet dalam keadaan stabil. Berikut ini adalah proses downloas seperti yang ditunjukkan oleh Gambar.2 :
Gambar.2

Kemudian setelah Patch File berhasil didownload akan dilakukan proses validasi JDK (Gambar.3) dan Apply Patch (Gambar.4)
Gambar.3
 
Gambar.4


Setelah proses Applying patch selesai, maka proses update android studio ke versi terbaru telah selesai dan dengan sendiri Android Studio akan terestart.


Bagi anda yang belum pernah menginstall android studio ataupun bagi para developer android yang menginginkan install ulang, dapat mengdownload Android Studio versi terbaru pada Android Developer.

Untuk langkah-langkah proses install Android Studio, baca :
Cara Install Android Studio Pada Windows

Share this:

You Might Also Like:

Disqus Comments