--> Skip to main content

Membuat Admin Panel Agenda Dengan PHP MySQL

Cara membuat agenda dengan php mysql
Dalam tutorial kita sebelumnya yang berjudul : "Membuat Form Login Dashboard Admin Dengan PHP MySQL", kita telah membuat sebuah admin panel untuk proses login yang terdiri dari : login, forget password dan logout serta fitur untuk pengelolaan berita yang akan dipublikasikan. Tutorial kali ini adalah sambungan dari tutorial tersebut, dimana kita akan menambahkan menu untuk pengelolaln sebuah kegiatan yang biasa kita sebut dengan agenda. Dengan adanya pembuatan admin panel agenda dengan php mysql, memudahkan administrator dalam membuat kalenderr kegiatan.

Untuk sebuah website pemerintahan, seringkali terdapat jadwal kegiatan yang dipublikasikan pada website tersebut. Jadwal kegiatan tersebut dilengkapi dengan tanggal kegiatan, lokasi serta judul kegiatan. Dengan demikian, seorang administator tentunya harus membuat sebuah sistem panel untuk manajemen kegiatan atau agenda. Untuk itu, administator dapat menggunakan contoh admin panel untuk pembuatan agenda dalam blog ini.

Dalam menu agenda yang kita tambahkan ke dalam dashboard admin panel, menu agenda akan dibagi menjadi dua submenu :
  • Menu input agenda. Dalam menu ini user dapat memasukkan :
    • Tanggal, administartor tinggal mengset tanggal yang nantinya akan muncul kalender dari librari datepicker.
    • Waktu, adminisrator mengisi jam kegiatan. Misal : 16.00 - 17.00 WIB
    • Tempat adalah lokasi kegiatannya, misal : Geduang Juang 45 Surabaya
    • Acara adalah jenis kegiatannya, misal : Pagelaran Seni Budaya
Berikut ini penampakan output dari input agenda seperti yang ditunjukkan oleh Gambar.1 :
 Gambar.1 Input Agenda
  • Menu list agenda adalah submenu yang menunjukkan kumpulan-kumpulan kegiatan yang telah dipublikasikan. Kita dapat mengatur berapa banyaknya baris agenda kegiatan yang akan ditampilkan dengan memilij dopdown entry.Tentunya dalam hal ini dilengakapi jugan dengan pagination. Terdapat juga fitur toolbar search untuk memudahkan pencarian terhadap agenda kegiatan yang telah dipublikasikan. Pada menu list agenda juga terdapat action berupa :
    • Edit bertujuan untuk mengupdate agenda yang telah dipublikasikan
    • Delete bertujuan untuk menghapus agenda yang dipublikasikan.
Berikut ini adalah output dari list agenda seperti yang ditunjukkan oleh Gambar.2 :
cara membuat dashboar admin panel untuk agenda dengan php
Gambar.2


Template yang kita gunakan diatas Dashboard Admin LTE yang menggunakan framework front-end bootstrap. Disini kita hanya fokus pada pemrograman php nya saja. Sedangkan database yang kita gunakan adalah MySQL.

Untuk mencoba live preview dari contoh pembuatan admin panel agenda dengan php mysql, gunakan username dan password berikut :
  • username : ilmudetil
  • password : ilmudetil





Untuk database dapat anda download pada link dibawah ini :
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar