Pusat Ilmu Secara Detil

Membuat Dashboard Admin Berita dengan PHP MySQL

Membuat Dashboard Admin Berita dengan PHP MySQL

Bagi anda yang sedang membuat website dinamis, tentunya anda juga membuat sebuah sistem disisi administrator. Dalam tutorial ini kita akan menyediakan sebuah sistem Dashboard Admin Panel dengan menggunakan PHP dan MySQL untuk kebutuhan menginput berita dan melihat list berita yang telah dipublikasikan. Untuk proses input berita kita menggunakan Sommernote sebagai WYSIWYG Web Editor. Sehingga dengan editor tersebut, memudahkan admin dalam menginput berita seolah-seolah menggunakan Ms.Word. Proses input berita juga menyedikan fitur tanggal yang mendeteksi secara otomatis local time, judul berita dan editor sommernote.

Berikut ini adalah target dari pembuatan Dashboard Admin Berita dengan PHP MySQ :


Gambar.1


Gambar.2

Seperti yang terlihat pada Gambar.1, seorang administrator dapat menginput tanggal, judul dan isi berita yang menggunakan editor sommernote. Untuk tanggal akan terdeteksi secara otomatis tanggal kita publikasikan artikel tersebut. Sehingga untuk tanggal akan disabled, tidak bisa dipilih tanggalnya. Pada bagian input berita, terdapat juga upload image.

Pada bagian list berita seperti pada Gambar.2, seorang administrator dapat melihat kumpulan berita yang telah dipublikasikan. Kita dapat memilih berapa banyaknya berita yang ditampilkan. Untuk itu kita menggunakan pagination. Pada list berita terdapat juga fitur untuk mengedit berita dan menghapus berita.



Share this:

Related Posts
Disqus Comments