Pusat Ilmu Secara Detil

Tutorial PHP:Cara Upload image menggunakan MySQL

Tutorial PHP:Cara Upload image menggunakan MySQL

Edisi tutorial php kali ini akan membahas bagaimana mengupload image ke dalam database, kemudian cara menampilkan gambar ke halaman website dengan pemanggilan image yang berada pada database.

Mungkin sebagian dari kita sudah terbiasa menyimpan data yang berupa string ke dalam database. Salah satunya yang sering kita gunakan dalam kategori String adalah tipe data Varchar. Biasanya kita menggunakannya untuk menampung data alamat, data nama, data pendidikan, data golongan dan lain-lain. Nah sekarang ...... Bagaimana caranya untuk image ?.

Penyimpanan image ke dalam database, terdapat dua teknik :
  1. Penyimpanan gambar dengan format Blob/LongBlob.
  2. Penyimpanan berupa nama file gambar, lalu memindahkan filenya ke dalam folder tertentu (biasanya folder upload)
Pada teknik pertama, tipe data yang digunakan blob yang dicreate pada database. Blob ini menyimpanan string dari image dalam bentuk biner. Teknik ini memang jarang digunakan, karena akan memberatkan disisi database.  Berikut ini contoh hasil dari upload image ke database seperti yang ditunjukkan oleh gambar berikut:



Perhatikan gambar diatas, field image merupakan gambar yang diupload dan dinyatakan size dari image tersebut, logo.jpg memiliki 11Kb dan cover.jpg 13 Kb.

Untuk pembahasan lebih lanjut pada teknik pertama, klik : Upload dan Menampilkan Blob Image dari Database.

Sedangkan pada teknik kedua, kita hanya menyimpan nama dari file tersebut. Dan tidak lupa create folder, lokasi dimana image tersebut disimpan. Dengan demikian disisi database hanya berisi nama file imagenya, sedangkan image-nya disimpan di folder yang kita create.
Berikut ini contoh dari hasil upload image ke database :



Perhatikan database diatas, kita hanya menyimpan nama file gambar tersebut. Untuk proses lanjut cara implementasi dalam pemrograman php, klik : PHP Upload dan Display Image dari Database.

Share this:

You Might Also Like:

Disqus Comments