--> Skip to main content

Tutorial Android Studio (Refactoring Code) part 1

Tutorial Android Studio edisi ini akan membahas tentang Refactoring Code. Refactoring Code biasa digunakan untuk merubah source code program yang sudah ada. Tujuannya adalah membuat desain dan struktur code program menjadi lebih baik dan mudah dimaintain.

Refactoring Code adalah salah satu metode yang digunakan dalam fase terakhir pada pengembangan siklus software (SWDLC) yaitu maintainability. Maintainability atau yang disebut Pemeliharaan Perangkat Lunak lebih mengacu kepada perubahan terhadap sebuah software yang telah selesai.

Pada android studio diberikan fitur Refactoring Code yang memudahkan kita disaat ingin merubah desain dari source code tanpa mempengaruhi outputnya.

Refactoring Code : Rename Class

Misalkan kita memiliki source code seperti dibawah ini :
package com.example.lenovo.myapplication;

/**
 * Created by Lenovo on 7/23/2015.
 */
public class Matematika {
   
    public Matematika() {
    }
}

Kemudian kita ingin merubah nama class Matematika menjadi Aritmatika, secara manual kita select kata-kata Matematika pada baris class dan menggantikannya dengan kata-kata Aritmatika, dan juga harus dirubah pada bagian Constructornya, karena namanya class telah berubah.

Dengan menggunakan Refactoring code :rename class, semua proses dilakukan secara otomatis. Klik kanan pada bagian nama class->pilih Refactor->pilih Rename... sehingga akan muncul dialog seperti gambar dibawah ini :

Ubahlah kata-kata Matematika menjadi Aritmatika, kemudian tekan Refactor dan Do Factor.Sehingga program anda akan berubah secara otomatis.

Refactoring Code : Change Signature

Operasi Change Signature memungkinkan kita dapat merubah properti sebuah method berupa : visibility, name, return type, parameters dan excpetion thrown.

Misalkan di dalam class Aritmatika berisikan source code sebagai berikut :
package com.example.lenovo.myapplication;

/**
 * Created by Lenovo on 7/23/2015.
 */
public class Aritmatika {

    public int hitung (int a, int b){
        return +a+b;
    }
}

Pilih (int a, int b) kemudian klik kanan, pilih Refactor->Change Signature....sehingga akan terbuka Dialog Box seperti gambar dibawah ini :


Klik dua kali pada bagian Type...rubahlah sesuai dengan keinginan anda, maka secara otomatis return +a+b akan mengikuti perubahan dari parameter yang anda rubah.


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar